USG 4 DIMENSI RSU ISLAM HARAPAN ANDA

Dalam perkembangannya, Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda terus melakukan pengembangan alat kesehatan penunjang baru dan perbaikan dalam segala lini, sehingga hal ini diyakini akan membuat pelayanan kesehatan terhadap pasien  akan lebih maksimal. Salah satunya alat penditeksi janin yang akan terlihat lebih nyata dalam kandungan, yaitu USG 4 Dimensi.

USG (Ultrasonografi) merupakan alat penunjang pemeriksaan Rumah Sakit yang digunakan untuk pemeriksaan selama kehamilan. Saat ini tersedia beberapa jenis USG yaitu: USG 2 Dimensi,3 Dimensi, dan 4 Dimensi. USG merupakan pemeriksaan keadaan bayi dalam rahim memakai gelombang bunyi frekuensi. USG paling tidak dilakukan sebelum masa kandungan berumur 3 bulan guna memastikan umur kandungan serta letak janin, kemudian ketika trimester kedua guna melihat kemungkinan adanya kelainan. Manfaat USG 4 dimensi,3 dimensi, atau 2 dimensi pada dasarnya sama, hanya saja makin besar dimensi maka visual yang terlihat akan makin detail.

 

Di umur kandungan 18 minggu sampai 23 minggu, cacat struktural janin mampu dikenali. Di umur kandungan 30 hingga 34 minggu bisa dideteksi bila terjadi kelainan letak ataupun kelainan pertumbuhan tali pusar, plasenta sekaligus memeriksa kecukupan air ketuban.

Menggunakan USG 2D biasanya hanya memperlihatkan tampilan janin yang datar dan hanya garis besarnya saja dengan begitu hanya diketahui oleh dokter pemeriksa saja. Namun hasil USG 2D ini masih dapat difungsikan untuk mengamati beberapa organ dalam janin. Untuk pemeriksaan awal pada trimester pertama seringnya dokter memakai USG 2D. Dalam hasil USG 2D ini tampilan yang tampak akan terlihat samar, kendati gerakan janin akan tetap termonitor. Namun apabila dokter mencurigai munculnya kelainan,umumnya dianjurkan untuk menjalani USG 3 dimensi atau 4 dimensi.

Pada pengecekan USG 4 dimensi akan memperlihatkan tampilan bayi yang detail. Di samping itu gambar yang di peroleh pun dapat dipahami ibu hamil atau anggota keluarga lain. Anatomi tubuh janin pun lebih jelas terlihat seperti bisa mengenali kelainan bibir sumbing.

Untuk pengecekan dengan USG 4 dimensi visual yang di peroleh makin detail dan persis dan dapat bergerak layaknya melihat film. USG 4 dimensi pun bisa menyajikan gambar anggota tubuh dengan detail. contohnya hidung mancung atau tidak. Juga kegiatan janin misalnya tengah mengisap jari,menguap ataupun menggerakan jari kakinya. Di samping itu pemeriksaan 4D ini bisa mengenali cacat yang ada lebih dini, dengan begitu pengobatan  akan lebih terukur. Cacat yang bisa dikenali misalnya kelainan plasenta atau mengenali terjadinya kehamilan ektopik.